BENCHMARKING KEPALA MADRASAH DALAM MELAKUKAN TRANSFORMASI MADRASAH DI PROVINSI JAMBI (Studi Kasus Pada MAN 1 Kota Jambi, MAN 2 Tebo, dan MAN 1 Batang Hari)

EMMI KHOLILAH HARAHAP, DMP. 15.120 and Mukhtar, Mukhtar and Anwar, Kasful (2019) BENCHMARKING KEPALA MADRASAH DALAM MELAKUKAN TRANSFORMASI MADRASAH DI PROVINSI JAMBI (Studi Kasus Pada MAN 1 Kota Jambi, MAN 2 Tebo, dan MAN 1 Batang Hari). Disertasi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (BENCHMARKING KEPALA MADRASAH DALAM MELAKUKAN TRANSFORMASI MADRASAH DI PROVINSI JAMBI (Studi Kasus Pada MAN 1 Kota Jambi, MAN 2 Tebo, dan MAN 1 Batang Hari))
Emmi Kholilah Harahap DMP. 15. 120 MPI - emmi harahap.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa diperlukan benchmarking kepala madrasah dalam melakukan transformasi madrasah, mengetahui pelaksanaan benchmarking kepala madrasah, mengetahui transformasi yang terjadi di madrasah, dan mengetahui benchmarking kepala madrasah melakukan transformasi madrasah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan benchmarking kepala madrasah di tiga madrasah didasari oleh keinginan untuk meningkatkan mutu dan kualitas madrasah agar dapat menjadi madrasah unggul, selain itu keberhasilan benchmarking kepala madrasah dalam melakukan transformasi dengan komitmen yang aktif dalam mengelola madrasah, memahami kelebihan dan kelemahan madrasah, melakukan inovasi di madrasah, dan menerapkan hasil benchmarking di madrasah. Proses benchmarking yaitu evaluasi diri program madrasah, perbandingan dengan madrasah rujukan, refleksi kinerja madrasah dan melakukan umban balik terhadap hasil benchmarking madrasah. Adapun transformasi madrasah meliputi pada aspek input, transformasi proses di madrasah, transformasi output madrasah dan transformasi budaya madrasah. Kesimpulan penelitian ini dapat dilihat bahwa melalui benchmarking kepala madrasah dapat menjadikan kepala madrasah melakukan transformasi madrasah. Implikasi dari penelitian ini bahwa benchmarking yang dilakukan oleh kepala madrasah tidak serta merta dapat dilakukan sendiri. Hal ini menuntut adanya tanggung jawab dan komitmen dari semua pihak madrasah yang ada di dalamnya, kemampuan manajerial, sumber daya manusia yang memadai, serta pemberdayaan semua personil yang ada di madrasah

Item Type: Thesis (Disertasi)
Keywords / Katakunci: Benchmarking, Kepala Madrasah, Transformasi dan Madrasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: Pascasarjana > Doktoral > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 81 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2020 12:10
Last Modified: 04 Jun 2020 12:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item View Item