PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI

WARDATUL JANNAH, TM.151303 and Shalahuddin, Shalahuddin and Yusmarni, Yusmarni (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI)
TM.151303_WARDATUL JANNAH_STUDI TADRIS MATEMATIKA - win aramico.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7e terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pemahaman konsep matematis siswa merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas VII MTs Negeri 1 Kota Jambi, diketahui bahwa pemahaman konsep matematis siswa belum berkembang dengan optimal. Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan cenderung senang untuk berdiskusi dengan siswa lainnya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan model Learning Cycle 7E. Tujuan penelitian ini adalah untuk Membuktikan Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di kelas VII MTs Negeri Kota Jambi. Jenis penelitian ini kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest-Only Contol Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Kota Jambi yang berjumlah 209 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VII A terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat pemahaman konsep matematis siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji-t. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 77,5 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67,41. Hasil uji thitung dan ttabel untuk nilai posttest hasil belajar siswa didapatkan thitung >ttabel yaitu 2,818436>1,29837. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan Model Learning Cycle 7E berpengaruh terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dikelas VII MTs Negeri Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Learning Cycle 7E, Ekspositori, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 27 Apr 2020 01:59
Last Modified: 27 Apr 2020 01:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item View Item