PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWINGDALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI

FITRI SARI, TPG.151673 and Rosadi, Kemas Imron and Sari, Sri Yulia (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWINGDALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWINGDALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI)
SKRIPSI FITRI SARI NIM. TPG.151673 - Fitri Sari.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentangPenerapan Model Pembelajaran Snowball ThrowingDalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan merumuskan permasalahan yaitu apakah dengan menggunakanModelPembelajaran Snowball Throwingdapat meningkatkankreativitasbelajar siswa kelas IIIMadrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder, dengan subjek penelitian berjumlah 34 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi serta pemberian tes. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa secara keseluruhan. Hasil penelitian menjelaskan bahwapenggunaan ModelPembelajaran Snowball Throwingdapat meningkatkan kreativitas belajarsiswa. Hal ini terlihat dari kreativitas belajar siswa setelah belajar menggunakan ModelSnowball Throwingberada pada predikat cukup, baik dan sangat baik. data menunjukansiswa telah memiliki kreativitasyang tinggi dan semangat dalam belajar. Hasilyang diperoleh dengan menggunakan ModelSnowball Throwingdapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Hal dapat dilihat dari hasil evaluasi yang penulis lakukan dari siklus I dan II hasil belajar telah mencapai persentase diatas 70% dan telah mencapai kriteria ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran,Snowball Throwing, Kreativitas Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 01 Jul 2020 16:27
Last Modified: 01 Jul 2020 16:27
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2735

Actions (login required)

View Item View Item