UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) MELALUI METODE INQUIRY DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK KARYA PEMBANGUNAN (PKP) AL-HIDAYAH KOTA JAMBI

BERTI MUSAROFAH, TF. 151079 and AR, Nasrun and Isnaini, Vandri Ahmad (2019) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) MELALUI METODE INQUIRY DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK KARYA PEMBANGUNAN (PKP) AL-HIDAYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) MELALUI METODE INQUIRY DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK KARYA PEMBANGUNAN (PKP) AL-HIDAYAH KOTA JAMBI)
SKRIPSI BERTI MUSAROFAH (TF.151079)_FITK_TADRIS_FISIKA - Berty Musyarofah.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPA yang masih rendah, yang dipicu kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran IPA dan siswa merasa bosan dengan metode pembelajaran yang tidak bervariasi sehingga membuat siswa menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) melalui metode inquiry di Madrasah Tsanawiyah Pondok Karya Pembangunan (PKP) Al-Hidayah Kota Jambi pada materi tekanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pada setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) melalui metode inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada hasil belajar siswa kelas VIII D MTs Pkp Al-Hidayah Kota Jambi. Pada tes siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 60,37 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 3,70% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 75,93 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 59,26% pada siklus III nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 86,30 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 81,48%. Peneliti menyarankan guru dapat menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) melalui metode inquiry dalam kegiatan pembelajaran sehingga aktivitas dan pemahaman konsep siswa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), Metode inquiry, Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 26 Apr 2020 07:38
Last Modified: 26 Apr 2020 07:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item