PENGGUNAAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH 09 SOPAN JAYA KECAMATAN PADANG LAWEH KABUPATEN DHARMASRAYA

SIN SINATINNI`MAH, MPU 1622627 and Mukhtar, Mukhtar and Risnita, Risnita (2018) PENGGUNAAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH 09 SOPAN JAYA KECAMATAN PADANG LAWEH KABUPATEN DHARMASRAYA. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGGUNAAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH 09 SOPAN JAYA KECAMATAN PADANG LAWEH KABUPATEN DHARMASRAYA)
MPU 1622627 SIN SINATINIKMAH PIAUD 2018 2 - orderLa samawaberkah.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang memfokuskan pada masalah penggunaan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini ini hanya meneliti masalah kemampuan anak mengungkapkan bahasa dalam bentuk verbal, dengan membatasi obyek penelitian pada anak usia dini berusia 5-6 tahun yang ada di lokal B1 di BA Aisyiyah 09 Sopan Jaya Kecamatan Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat menemukan metode pembelajaran yang tepat yang bisa diterapkan untuk kemajuan pendidikan, khususnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di BA Aisyiyah 09 Sopan Jaya supaya bisa berkembang sesuai dengan tingkat perkembangan yang sesuai denga usia mereka. Penelitian ini digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Magister Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas dengan menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Kommis dan Taggart. Penelitian ini berupaya mendiskripsikan secara faktual tentang penggunaan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Perlakuan pada setiap siklus berbeda-beda. Setiap siklus harus berdasarkan pada siklus sebelumnya. Siklus akan terus dilanjutkan dengan siklus berikutnya sampai masalah-masalah terpecahkan. Kondisi kemampuan bahasa di BA Aisyiyah 09 Sopan Jaya sebelum dilakukan tindakan belum berkembang secara maksimal, tingkat kemampuan bahasa anak yang masih berkisar di tingkat Belum Berkembang (BB) ini ditandai anak belum bisa mencapai kemampuan bahasa berdasarkan indikator-indikator pencapaian kemampuan bahasa yang sesuai dengan perkembangan bahasa anak usia dini. Setelah diadakan tindakan dengan siklus I-III bisa mencapai tingkat Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan skor 94,08%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa metode bercerita ternyata sangat efektif dan terbukti bisa meneingkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di lokal B1 BA Aisyiyah 09 Sopan Jaya dengan metode bercerita mampu memberikan pengalaman baru dan berharga bagi anak dalam mengembangkan kemampuannya terutama kemampuan berbahasa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Metode bercerita, Perkembangan bahasa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD > 372.21 Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 26 Apr 2020 06:13
Last Modified: 26 Apr 2020 06:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item