PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN MERONCE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF UNTUK PERSIAPAN MEMBACA AUD DI KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL AS-SALAM 02 KABUPATEN DHARMASRAYA

MARDAYANTI R, MPU. 16.22610 and Mukhtar, Mukhtar and Risnita, Risnita (2018) PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN MERONCE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF UNTUK PERSIAPAN MEMBACA AUD DI KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL AS-SALAM 02 KABUPATEN DHARMASRAYA. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN MERONCE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF UNTUK PERSIAPAN MEMBACA AUD DI KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL AS-SALAM 02 KABUPATEN DHARMASRAYA)
MPU 1622610 MARDAYANTI R PIAUD 2018 2 - Indra Bangsawan.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan mengenal huruf untuk persiapan membaca pada AUD yang berusia 5-6 tahun dengan menggunakan alat permainan meronce di Raudhatul Athfal As-Salam 02 Kabupaten Dharmasraya. Kemampuan mengenal huruf merupakan kemampuan yang penting dikembangkan untuk mempersiapkan membaca anak untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Fokus penelitian ini adalah kegiatan bermain menggunakan alat permainan meronce dalam mengembangkan kemampuan mengenal huruf untuk persiapan membaca pada AUD berusia 5-6 tahun, penelitian ini diadakan di Raudhatul Athfal As-Salam 02 Kabupaten Dharmasraya Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (clasroom action research) kolaborasi. Populasi penelitian adalah anak Raudhatul Athfal As-Salam 02 Kabupaten Dharmasraya kelompok B yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif dengan persentase dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 39,44% meningkat pada Siklus I menjadi 58,88%, pada Siklus II meningkat menjadi 72,78% dan pada Siklus III menjadi 83,88% dengan kriteria berkembang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat permainan meronce dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf untuk persiapan membaca AUD dikelompok B Raudhatul Aathfal As-Salam 02 Kabupaten Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: kemampuan mengenal huruf, alat permainan meronce, persiapan membaca, Raudhatul Athfal (RA)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD > 372.21 Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 26 Apr 2020 06:09
Last Modified: 26 Apr 2020 06:09
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item