PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SISTEM FULL DAY SCHOOL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU DINIYYAH AL-AZHAR KOTA JAMBI

SITI AGUSTINA, TP. 151460 and Armida, Armida and Mukhlis, Mukhlis (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SISTEM FULL DAY SCHOOL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU DINIYYAH AL-AZHAR KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIPUDDIN JAMBI.

[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SISTEM FULL DAY SCHOOL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU DINIYYAH AL-AZHAR KOTA JAMBI)
SITI_AGUSTINA_TP151460_PAI - siti agustina.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang problematika pembelajaran sistem full day school SMP IT Diniyyah Al-Azhar Kota Jambi. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sistem Full day school, problematika dalam pelaksanaan pembelajaran sistem Full day school dan upaya dalam pelaksanaan pembelajaran sistem Full day school SMP IT Diniyyah Al-Azhar Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sejak pagi hingga sore hari (jam 07.00 s/d 16.00 WIB). Pembelajaran dimulai dengan perencanaan yang meliputi aspek Program Tahunan (prota), program semester (promes), Program Bulanan, Program Mingguan, Program Harian, kalender pendidikan (kaldik), silabus dan rencana pelaksanaaan pembelajaran (RPP), dalam seimbangnya pelaksanaan pembelajaran muatan agama dalam struktur kurikulum (K13). (2) Problematika yang dialami SMP IT Diniyyah Al-Azhar Kota Jambi dalam pembelajaran sistem full day school siswa diantaranya; terdapat beberapa siswa yang belum bisa menyesuaikan diri; Saat proses tadarus dan do’a bersama siswa pra KBM masih sering sepenuhnya khidmat; siswa dalam berwudhu kurang benar dan tertib; siswa bermain-main diluar kelas pada saat pembelajaran kelas kosong; siswa pada saat bel berbunyi masih ada yang asik bermain footsal, ngobrol dan ngota di luar kelas; siswa masih ada yang ribut ketika shalat berjamaah akan dimulai dan masih ada siswa yang tidak mematuhi peraturan dalam berpakaian. (3) Upaya dalam menghadapi problematika di SMP IT Diniyyah Al-Azhar Kota Jambi diantaranya; Pihak sekolah mensosialisasikan kepada orang tua; adanya jadwal guru pendamping pada saat pembelajaran; Guru memberi pengawasan penuh kepada siswa; Memberi jadwal pengawasan guru piket pendamping Wudhu dan juga dilakukan pembinaan wali kelas; memberikan jadwal guru piket dalam kesehariannya secara bergantian; Guru mencari murid dimanapun dia bermain; Bekerjasama antara guru piket dengan Osis dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: : problematika, full day school
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:37
Last Modified: 24 Apr 2020 15:37
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2628

Actions (login required)

View Item View Item