PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAMES TOURNAMENTDALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWASEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 BATANGHARI

SITI AUZA HIDAYATI, TB.151042 and Susanti, Try and Kurniawan, Fery (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAMES TOURNAMENTDALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWASEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 BATANGHARI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIPUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAMES TOURNAMENTDALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWASEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 BATANGHARI)
SITI AUZA HIDAYATI (TB.151042) BIOLOGI - Siti auza Hidayati.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipeTeam Games Tournament merupakan model pembelajaran suatu bentuk pembelajaran yang dikemas dengan proses permainan dan menitikberatkan pada keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team GamesTournament dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Batanghari pada mata pelajaran Biologi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dan kualitatif.Hasil Penelitian menunjukkan bahwapenerapan model pembelajaran menggunakan Team Games Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar siswa siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Batanghari pada materi sistem reproduksi manusia. Pada siklus I motivasi siswa kelas kelas XI ada dua kategori, yaitu kategori rendah (26,92%) dan tinggi (73,07%). Pada siklus II mengalami peningkatan pada kategori sangat tinggi menjadi sebesar 88,46% dan kategori tinggi menjadi sebesar 11,53%. Kategori tinggi dan sangat tinggi termasuk dalam kategori minimal tinggi yaitu 100% tinggi. Persentase motivasi yang termasuk ke dalam tinggi ini sudah mencapai target yang ditentukan peneliti yaitu sebesar 70%. Hasil belajar aspek kognitif siklus I untuk rata-rata 70 meningkat pada siklus II menjadi 81,92. Sedangkan persentase ketuntasan belajar aspek kognitif siklus I sebesar 38,46%, dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 88,46% Hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I terdapat satu kategori, yaitu kategori rendah sebesar 100%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pada kategori sangat tinggi yaitu menjadi 100%.Peneliti selanjutnya diharapkan membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu sebelum melaksanakan penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Team GamesTournament, motivasi belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:39
Last Modified: 24 Apr 2020 15:39
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item View Item