PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA ZULHIJJAH KABUPATEN BATANG HARI JAMBI

A. HENRIANTO, TF. 151068 and Rosadi, Kemas Imron and Wirman, Rahmi Putri (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA ZULHIJJAH KABUPATEN BATANG HARI JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA ZULHIJJAH KABUPATEN BATANG HARI JAMBI)
A.HENRIANTO_TF151068_TARBIYAH.FISIKA - henri anto.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Swasta Zulhijjah Kabupaten Batang Hari Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi ekperimental – pretest – posttest only control design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan angket. Sampel dalam penelitian ini kelas X IPA 1 dan X IPA 2 di SMA Swasta Zulhijjah Kabupaten Batang Hari Jambi, penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2018 sampai bulan Februari 2019. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an berpengaruh terhadap motivasi belajar fisika siswa yang ditunjukkan dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji ”t“ diperoleh nilai t0 sebesar 3,47, nilai ini lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,013 dan dapat dilihat juga dari nilai ukuran efeknya (effect size) diperoleh d = 1,0 dengan persentase 84% yang menunjukkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an berpengaruh sangat tinggi sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Inkuiri, Ayat Al-Qur’an, Motivasi Belajar.
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 23 Apr 2020 12:57
Last Modified: 23 Apr 2020 12:57
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2620

Actions (login required)

View Item View Item