UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IKHSAN SARANG BURUNG

MUHSIN ADE PUTRA, TPG. 131516 and Ahmad, Saidah and Siregar, Nasyariah (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IKHSAN SARANG BURUNG. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IKHSAN SARANG BURUNG)
131516_ MUHSIN ADE PUTRA_ TARBIYAH - Muchsin Ade putra.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang keaktifan siswa Pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan keaktifan Siswa di Madrasah Intidaiyah Nurul Ikhsan Sarang Burung. Fokus dari penelitian ini yaitu pada aspek pembelajaran IPA dengan menggunakan metode jigsaw. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana pengaruh penggunaan Metode jigsaw terhadap kekatifan siswa kelas V MI Nurul Ikhsan Sarang Burung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Metode jigsaw yang dilakukan selama 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 5 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 17 siswa, terdiri 12 siswa laki-laki dab 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pembelajaran IPA melalui Metode Jigsaw meningkat di setiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.32 Busthanul Adfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 23 Apr 2020 11:28
Last Modified: 23 Apr 2020 11:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2615

Actions (login required)

View Item View Item