PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KOMIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI

M. ASRI FARDHAL, TPG.151694 and Muhsinin, Umil and Siregar, Nasyariah (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KOMIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA KOMIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI)
M._Asri_Fardhal_Tpg151694_PGMI[1] - asri fardhal.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan bahan ajar ilmu pengetahuan alam berupa pengembangan media komik untuk kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Untuk mengatasi permasalahan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Pada permasalahan tersebut yakni kurangnya bahan ajar pada pelajaran ilmu pengetahuan alam, sehingga karakter peduli terhadap lingkungan siswa masih sangat kurang, khususnya pada pelajaran ilmu pengetahuan alam pada materi peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D), dengan menggunakan model Borg dan Gall, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti menemukan bahwa media komik untuk guru dan siswa kelas IV yang diterapkan tersebut dapat memberikan pengaruh segnifikan terhadap peningkatan karakter siswa untuk peduli terhadap lingkungan. Hasil pengembangan produk ini berupa komik. Sementara hasil uji coba validasi menyatakan rata-rata kevalidan produk mencapai > 85%, sehingga produk mendapat kategori sangat layak untuk diterapkan dan hanya membutuhkan revisi kecil. Data uji observasi sebelum menggunakan media (pre) adalah 1288 dan uji observasi sesudah menggunakan media (post) adalah 1950. Data dari dua variable tersebut selanjutnya dilakuakan uji- t (uji perbandiangan variable I dan II). Perbandiangan dua data tersebut menghasilkan thitung = 2,15, selanjutnya dilakuan pencarian ttabel. Selanjutnya perbandian thitung dan ttabel dengan hasil thitung>ttabel pada tarap signifikan 5% maupun tarap signifikan 1% atau 5%>t0<tt = 0,304<2,15>0,393 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) Diterima, dan (H0) ditolak. Dari hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa media komik dapat meningkatkan karakter peduli terhadap lingkungan pada siswa kelas IV MIN Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media komik, Ilmu Pengetahuan Alam, Meningkatkan Karakter.
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.32 Busthanul Adfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 22 Apr 2020 06:34
Last Modified: 22 Apr 2020 06:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2579

Actions (login required)

View Item View Item