PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI

LINDA WATI, TB 150987 and Hakim, Lukman and Sulman, Fauzan (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI)
LINDA WATI,TB150987.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode quasi exsperiment dengan desain Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini Purposive Sampling Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan uji “t” maka nilai “t” yang diperoleh adalah= 3,490 dan lebih besar dari ttabel (pada taraf signifikasi 5% artinya 2,002 < 3,490, maka Ha (hipotesis alternative) diterima artinya terdapat pengaruh antara metode Pembelajaran Brainstroming Terhadap hasil IPA Terpadu Siswa Di MTs Laboratorium Kota Jambi. Untuk memperkuat data tersebut maka di lakukanlah uji lanjutan dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. hasil perhitungan dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment yang diperoleh thitung = 0,986 dan lebih besar dari ttabel (pada taraf signifikasi 5%, artinya 0,258 < 0,986, maka Ha (hipotesis alternative) diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Brainstorming , hasil belajar siswa
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 22 Apr 2020 05:36
Last Modified: 22 Apr 2020 05:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item View Item