MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI

KURNIA WATI, TPG. 151691 and Armida, Armida and Fatmawati, Kiki (2019) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI)
KURNIAWATI - qurnia karsa.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model problem based leaning dalam pembelajaran Tematik dalam rangka meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Adapun model yang digunakan yaitu Kemmis & McTaggart yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan dan pengamatan (act & observe), serta refleksi (reflect). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad yang berjumlah 23 orang, untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian menemukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: model problem based learning, Keaktifan, Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.32 Busthanul Adfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 22 Apr 2020 04:38
Last Modified: 22 Apr 2020 04:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item View Item