THE EFFECT OF USING RECIPROCAL TEACHING STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE TENTH GRADE OF MA LABORATORIUM KOTA JAMBI

BIMA SAPUTRA, TE.141083 and Ali, Rasyid and Nafiah, Uyun (2019) THE EFFECT OF USING RECIPROCAL TEACHING STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE TENTH GRADE OF MA LABORATORIUM KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (THE EFFECT OF USING RECIPROCAL TEACHING STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE TENTH GRADE OF MA LABORATORIUM KOTA JAMBI)
TE141083_BIMASAPUTRA_PBI - Bima Saputra.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengetahui pengaruh menggunakan strategi Reciprocal Teaching. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MA Laboratorium Kota Jambi. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa tidak bisa memahami teks dengan baik. Oleh karena itu peneliti menggunakan strategi Reciprocal teaching untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain quasi experimental, penulis menggunakan 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi Reciprocal Teaching dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol menggunakan strategi Think Aloud. Perlakuan diberikan 10 kali untuk kedua kelas. Materi yang diajarkan adalah teks naratif. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item. Di akhir pertemuan, peneliti memberikan posttest. Nilai rata-rata akhir yang diperoleh dari kedua kelas dianalisis dengan menggunakan T-test dengan tingkat signifikansi ɑ = 0,05. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan strategi Reciprocal Teaching dalam pembelajaran membaca. Hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata siswa di kelas eksperimen pre-test (1458) dan post-test (1641), sedangkan nilai rata-rata dari pre-test kelas kontrol (1301) dan post-test (1471). to 2,602 dan df 44. Yang diperoleh dibandingkan dengan t tabel baik pada 5% atau 1%. Pada level 5% t tabel adalah 1,680 dan pada level 1% t tabel adalah 2,414. Berdasarkan t tabel, dapat dianalisis bahwa lebih tinggi dari t tabel baik pada level 5% dan 1%. Dengan kata lain, kita dapat membaca 1.680 <2.602> 2.414. Jadi peneliti dapat menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan menggunakan strategi Reciprocal Teaching terhadap pemahaman bacaan pada kelas sepuluh di MA Laboratorium Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Reciprocal Teaching, Teks Naratif, Think Aloud strategy dan Pemahaman Membaca
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 24 Apr 2020 16:02
Last Modified: 24 Apr 2020 16:02
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item