ROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH KOTA JAMBI

SITI FATIMAH, TB.151043 and Musyaddad, Kholid and Kurniawan, Fery (2019) ROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (ROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH KOTA JAMBI)
TB151043_SITI FATIMAH_TADRIS BIOLOGI - Siti Fatimah.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran guru dan siswa agar pembelajarannya berjalan dengan lancar maka diperlukan adanya pembelajaran yang tepat dan sesuai untuk menghasilkan mutu yang baik pula. setiap guru tentu mendambakan siswa nya juga belajar dengan baik namun kenyataannya tidak selalu demikian, pada proses pembelajaran di kelas masih banyak masalah-masalah yang muncul. khususnya guru yang mengajar Biologi dan siswa yang belajar Biologi di MTs Nurul Falah Kota Jambi tidak berjalan sebagai mana yang diharapkan, karena tidak didukung oleh sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai terutama pelajaran Biologi, hal tersebut menyebabkan siswa banyak yang gagal dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk problematika pembelajaran Biologi serta solusinya. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 10orang siswa dan 1 orang guru. Pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika mengajar Biologi serta solusinya pada MTs Nurul Falah Kota Jambi, Kesulitan dari guru adalah kesulitan dalam menguasai materi pelajaran, kesulitan menggunakan metode yang sesuai dengan materi, kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar siswa, kesulitan dalam menilai siswa, kurangnya buku paket Biologi, tidak tersedianya laboratorium Biologi. Adapun solusi terhadap problematika mengajar Biologi adalah solusi secara sistematik dan teknis. Sedangkan bentuk-bentuk problematika belajar Biologi adalah Slowlearner (lambat belajar), karakteristik siswa (kepribadian, motivasi, minat, dan bakat), kebiasaan belajar (tidak teraturnya jadwal belajar), penguasaan bahasa (bahasa indonesia, dan bahasa ilmiah), sarana pembelajaran (laboratorium, ruang belajar, dan buku paket). Adapun solusi terhadap problematika belajar Biologi adalah remedial teaching dan assesmen. Bentuk-bentuk problematika belajar biologi siswa serta solusinya di MTs Nurul Falah Kota Jambi dikatagori sangat baik. Sedangkan bentuk-bentuk problematika mengajar Biologi guru serta solusinya di MTs Nurul Falah Kota Jambi dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Problematika, Pembelajaran biologi
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 24 Apr 2020 17:19
Last Modified: 24 Apr 2020 17:19
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2526

Actions (login required)

View Item View Item