PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

ISLAINI OCTIVA ANGGRAENI, TB.150975 and Jailani, Syahran and Setiawan, Muhammad Eval (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI)
TB.150975_ISLAINI OCTIVA ANGGRAENI_TADRIS BIOLOGI - win aramico.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh strategi pembelajaran Giving Questions and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar biologi siswa Sekolah Menengah Atas Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain true eksperimental - postest only control desain. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Dari pengumpulan data yang telah diperoleh, hasil perhitungan didapat nilai rata-rata aspek kognitif kelas eksperimen sebesar 75,38 dan rata-rata aspek afektif sebesar 77,38, sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata aspek kognitif sebesar 65,00 dan rata-rata aspek afektif sebesar 71,03. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa, aspek kognitif dengan nilai t0 ≥ tt yaitu 2,00 < 2,96 > 2,65, sedangkan aspek afektif dengan nilai t0 ≥ tt yaitu 2,00 < 4,81 > 2,65. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran Giving Questions and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar biologi Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan Strategi Pembelajaran Giving Questions and Getting Answer (GQGA) dalam pembelajaran biologi khususnya pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Giving Questions and Getting Answer (GQGA), Biologi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum > 375.001 Perkembangan Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 25 Apr 2020 08:24
Last Modified: 25 Apr 2020 08:26
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2513

Actions (login required)

View Item View Item