PENINGKATAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KELOMPOK DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL HIDAYAH TUGU REJO KABUPATEN TEBO

SRI HANDAYANI, MPU.1622600 (2019) PENINGKATAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KELOMPOK DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL HIDAYAH TUGU REJO KABUPATEN TEBO. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (PENINGKATAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KELOMPOK DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL HIDAYAH TUGU REJO KABUPATEN TEBO)
SRI HANDAYANI_MPU.1622600 - BAHARI KOMPUTER.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Dalam Permendiknas 137 Tahun 2014 merupakan Tingkat capaian perkembangan untuk Nilai Agama dan Moral maka penulis membatasi penelitian ini hanya pada aspek perkembangan Moral. Tujuan dari penelitian ini meningkatkan Perkembangan moral anak usia dini melalui pembelajaran berbasis kelompok di Taman Kanak-Kanak Nurul Hidayah Tugu Rejo Kabupaten Tebo. Penelitian ini menggunakan 20 orang anak yang berusia 5 sampai 6 tahun sebagai partisipan. Penelitian ini berawal dari observasi terhadap perkembangan moral anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Nurul Hidayah Tugu Rejo Kabupaten Tebo yang belum berkembang sesuai harapan karena ada anak yang masih dalam kategori belum berkembang dan ada yang masih dalam kategori mulai berkembang. Penggunaan metode yang monoton sehingga anak tidak termotivasi untuk belajar. Dari latar belakang tersebut peneliti berasumsi bahwa pembelajaran Berbasis Kelompok dapat meningkatkan perkembangan Moral anak usia 5 sampai 6 Tahun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan, penelitian ini menggunakan model rancangan Kemmis dan MC Taggart dengan menggunakan tiga siklus, setiap siklus dilaksanakan pembelajaran sebanyak tiga kali dan masing-masing siklus menggunakan empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan penelitian kualitatif-kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan teknik Miles dan Huberman sedangkan untuk mendapatkan persentase data yang bersifat kuantitatif peneliti menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan dilaksanakan perbelajaran berbasis kelompok dalam meningkatkan perkembangan moral anak usia 5 sampai 6 tahun di Taman Kanak-Kanak Nurul Hidayah Tugu Rejo Kabupaten Tebo mengalami peningkatan yang sangat baik, adapun itu dapat terlihat dari skornya yaitu dimana skor sebelum diberi tindakan adalah dengan persentase 35%. Sedangkan yang telah diberi tindakan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus pertama persentasenya adalah 38,75%, siklus kedua 60% dan siklus ketiga adalah 80%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa setelah diberi tindakan dengan pembelajaran berbasis kelompok, sangat efektif untuk meningkatkan perkembangan moral anak usia dini. Maka disarankan agar guru-guru menggunakan pembelajaran berbasis kelompok.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Berbasis Kelompok, Moral
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 25 Apr 2020 01:51
Last Modified: 25 Apr 2020 01:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2477

Actions (login required)

View Item View Item