PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM PENYENGAT OLAK MUARO JAMBI

ZUHRIA MUKHRISA, TM.121027 and Anwar, Kasful and Kurniawan, Fery (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM PENYENGAT OLAK MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM PENYENGAT OLAK MUARO JAMBI)
SKRIPSI-ZUHRIA MUKHRISA - Risa Abidin.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Model Pembelajaran Quantum adalah salah satu model pembelajaran yang mengubah suasana belajar menjadi menyenangkan dengan nuansanya yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, sehingga mampu mengubah segala potensi yang ada di dalam diri setiap siswa menjadi lebih baik dan memperoleh hal-hal baru yang nyata ditularkan kepada orang lain sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran quantum lebih baik daripada konvensional, bagaimana mendapatkan bukti bahwa dengan model pembelajaran quantum dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cluster random sampling-postest only control design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak. Peneliti menemukan bahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Quantum memperoleh skor tertinggi 20, skor terendah 10, dengan rata-rata 15,05. Sedangkan kelas control yaitu kelas yang tidak menggunakan model pembelejaran Quantum memperoleh skor tertinggi 16, skor terendah 5, dengan rata-rata 11,25. Hal ini juga dibuktikan dari penerapan hasil belajar matematika siswa kelas VII terdapat pengaruh yang signifikan anatar model pembelajaran quantum terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Islam Penyengat Olak yaitu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelaran Quantum, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 24 Apr 2020 17:38
Last Modified: 24 Apr 2020 17:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2458

Actions (login required)

View Item View Item