IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MADRASYAH ALIYAH SWASTA NURURRODHIYAH KOTA JAMBI

LILIS ANDRIYANI, TP. 151387 and Aziz, Nur Azmi and Ridwan, Ridwan (2019) IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MADRASYAH ALIYAH SWASTA NURURRODHIYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MADRASYAH ALIYAH SWASTA NURURRODHIYAH KOTA JAMBI)
SKRIPSIII LILIS ANDRIIII YANI-dikonversi - Lilis Andriyani.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Tujuan pnenlitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi dengan menerapkan Metode Diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi dan objek penelitiannya ialah Metode Diskusi, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Data diperoleh melalui observasi dan tes evaluasi kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan model siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar diukur dari evaluasi Pra-Siklus, Siklus I dan Siklus II dengan nilai rata-rata pada Pra-Siklus 72,9, pada Siklus I 76,3 dan nilai rata-rata pada siklus II 80,9. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Diskusi terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Diskusi, Sejarah Kebudayaan Islam, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 24 Apr 2020 17:31
Last Modified: 24 Apr 2020 17:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2448

Actions (login required)

View Item View Item