PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-IRSYAD KOTA JAMBI

MUHAMMAD RINO DWI CAHYO, TP 151418 and Karim, Hasnidar and Walid, Abul (2019) PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-IRSYAD KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-IRSYAD KOTA JAMBI)
TP151418_MUHAMMAD RINO DWI CAHYO_PAI - Riino Dwi Cahyo.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Kota Jambi. Adapaun rumusan masalah yakni bagaimana penerapan metode diskusi kelompok kecil pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Kota Jambi dan apakah penerapan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, sebagai upaya untuk memberikan jawaban atas permasalahan yang telah diuraiakan. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan dalam hasil belajar siswa ditunjukkan dalam setiap siklusnya dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 75, dimulai dari observasi awal bahwa 7 siswa atau 25% yang mencapai ketuntasan. Pada siklus I menunjukkan peningkatan bahwa 18 siswa atau 64,28% yang mencapai ketuntasan, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali bahwa 25 siswa atau 89,28% yang mencapai ketuntasan. Penerapan metode diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMK Al-Irsyad Kota Jambi. Hasil penelitian ini yaitu menyarankan agar guru menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan disesuaikan dengan materi yang membutuhkan penerapan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Diskusi, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 25 Apr 2020 10:44
Last Modified: 25 Apr 2020 10:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2440

Actions (login required)

View Item View Item