PENGARUH PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 KOTA JAMBI

PUTRI ANISA, TM. 151269 and Hasanah, Dewi and Asiani, Rosi Widia (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 KOTA JAMBI)
TM.151269_Putri Anisa_Tadris Matematika - putri anisa.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII MTs Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu True Experimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 4 Kota Jambi yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika rendah yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 193 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri atas 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk uraian dengan jumlah 4 butir soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Uji T dan Korelasi Phi. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh . Dan hasil dari perhitungan korelasi diperoleh . Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa penerapan model penemuan terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Jambi. hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan model penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 25 Apr 2020 09:35
Last Modified: 25 Apr 2020 09:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2437

Actions (login required)

View Item View Item