PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MIFTAHUL HUDA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

IDA ROYANI, TM.140710 and Us, Kasful Anwar and Amriha Yusra, Della (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MIFTAHUL HUDA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (PENGARUH MODELPEMBELAJARAN JIGSAW DENGANPENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAPHASIL BELAJARMATEMATIKA SISWAMADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MIFTAHUL HUDA KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT)
TM. 140710_IDA ROYANI_TADRIS MATEMATIKA - win aramico.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran jigsaw dengan yang menggunakan pembelajaran langsung di madrasah Tsanawiyah swasta Miftahul Huda Desa Mekar Jati tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain posttest –only control design sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes. Sampel adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen (menerapkan model pembelajaran jigsaw) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (menerapkan pembelajaran langsung). Data hasil penelitian pada eksperimen diperoleh skor tertinggi 95 dan terendah 54 dengan rata-rata hitung 78,84 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 80 dan terendah 40 dengan rata-rata hitung 64,00. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menggunakan uji t-tes dan korelasi phi dengan hasil uji t-tes diperoleh = 5,17 pada taraf signifikan 5% diperoleh = 2,02 dan taraf signifikan 1% diperoleh = 2,69 dengan demikian 2,02< 5,17>2,69. Sehingga diterima, artinya kedua variabel terdapat perbedaan yang signifikan.Untuk melihat berapa besar pengaruh model pembelajaran Jigsaw denganPendekatan Saintifikterhadap hasil belajar digunakan perhitungan Korelasi phidengan hasil . Dengan , maka diperoleh taraf signifikan sebesar dan taraf signifikan sebesar . Karena yang diperoleh melalui perhitungan ( ) adalah lebih besar dari pada maka (Hipotesis alternatif) diterima. Berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw denganPendekatan Saintifik.Hasil penelitian menyarankan agar guru menerapkan model jigsaw dalam pembelajaran matematika terutama pada materi persamaan linier dua variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran jigsaw, hasil belajar matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 21 Apr 2020 04:23
Last Modified: 21 Apr 2020 04:23
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item View Item