PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI

TIKA SYAFRIANI, TF151112 and Jamil, Zawaqi Afdhal and Hartoyo, Zainal (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI)
TF151112_TIKA SYAFRIANI_TARBIYAH_TADRIS FISIKA - BAHARI KOMPUTER.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang model pembelajaran Discovery Learning dalam proses pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA/Fisika di SMPN 22 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan test. Discovery Learning adalah adalah pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk menemukan jawaban terhadap persoalan dalam pembelajaran. Dengan demikian siswa mempunyai peran dalam pembelajaran, sementara guru hanya berperan sebagai fasilitator dalam belajar. Dengan adanya aktivitas yang tinggi, maka anak bersemangat dalam belajar, pada akhirnya dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menemukan hasil bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi. Hal ini dibuktikan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang positif, yaitu; siklus I sampai III di kegiatan pendahuluan dengan rata-rata 86%; 86% dan 96,5%. siklus I sampai III di kegiatan inti dengan rata-rata 66,5%; 72,87% dan 83,87%. siklus I sampai III di kegiatan penutup dengan rata-rata 62%; 62% dan 71,66%. Pada aspek kognitif hasil belajar siswa mengalami kemajuan yang positif dari siklus I hingga III, Siklus I rata-rata 50,68%; Siklus II terdapat adanya peningkatan menjadi 63,10% dan Siklus III meningkat menjadi 70,34%. Pada aspek psikomotorik, Siklus pertama, ada 7 siswa yang masuk dalam katagori tinggi (20,69%), dan 2 siswa dalam katagori tinggi sekali (6,89%), siklus kedua ada 14 siswa yang memperoleh katagori tinggi ke atas (48,27%) dan siklus ketiga meningkat menjadi ada 20 siswa katagori tinggi ke atas (68,96%) dari jumlah 29 siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Discovery Learning, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 21 Apr 2020 00:55
Last Modified: 21 Apr 2020 00:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item View Item