MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL IMAN SENAUNG KABUPATEN MUARO JAMBI

SISKA SAPARENA, TK.151175 and Khalik, A. and Hayat, Najmul (2019) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL IMAN SENAUNG KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text ("MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL IMAN SENAUNG KABUPATEN MUARO JAMBI")
TK151175_SISKA SAPARENA_MPI - Siska Saparena.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap sekolah memiliki sarana dan prasarana, baik itu mamadai ataupun tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran. Pengelolaan ini dimaksudkan agar dalam menggunakan sarana dan prasarana bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran seta untuk mengetahui usaha yang dilakukan dalam meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian di MTs Swasta Jauharul Iman Senaung Kabupaten Muaro Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumnetasi. Analisis data di lakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut di narasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana dan prasarana serta usaha apa yang dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Adapun hasil penelitian tersebut bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Swasta Jauharul Iman Senaung Kabupaten Muaro Jambi sudah sesuai dengan teknik pengelolaannya, yang meliputi perencanaan, Pengadaan, Pendistribusikan, penggunaan dan pemeliharaan. (1) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran, yaitu guru harus bisa menjadi contoh yang baik bagi siswa-siswi, meningkatkan senyum salam sapa supaya proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 81 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2020 07:42
Last Modified: 19 Oct 2020 03:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2325

Actions (login required)

View Item View Item