PENERAPAN TEKNIK PROBING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KABUPATEN MUARO JAMBI

SITI MUBAROKAH, TF.151107 and Nasrun, Nasrun and Gusmira, Eva (2019) PENERAPAN TEKNIK PROBING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN TEKNIK PROBING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KABUPATEN MUARO JAMBI)
SITI MUBAROKAH TF.151107 TADRIS FISIKA - Siti Mubarokah.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terpadu dengan menerapkan teknik probing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Kabupaten Muaro Jambi. Dengan objek penelitian siswa kelas VIII yang berjumlah 22 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada tindakan pra-siklus dengan nilai rata-rata kelas 55,5 dengan persentase ketuntasan 22,72%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 68,3 dengan persentase ketuntasan 54,54%. Dan nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 75,3 dengan persentase ketuntasan sebesar 86,36%. Selain itu untuk analisis data hasil observasi aktivitas siswa diperoleh jumlah skor sebanyak 46 dan rata-rata 23 dengan skor penilaian 38 dalam kategori kurang pada pra-siklus. Pada siklus I skor penilaian aktivitas siswa mencapai 51 poin dalam kategori cukup dengan perolehan skor 62 dan skor rata-rata 31. Pada siklus II perolehan skor dari hasil observasi aktivitas siswa sebanyak 86 poin dan rata-rata skor 43 dengan skor penilaian sebesar 71 dalam kategori baik. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan teknik probing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Kabupaten Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Teknik Probing, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Usman Fahmi M.Pd.I
Date Deposited: 25 Apr 2020 08:33
Last Modified: 25 Apr 2020 08:33
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item View Item