SIKAP PUSTAKAWAN DALAM MENGHADAPI BERBAGAI KARAKTER PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI JAMBI

PENO WINARTO, IPT140359 and Raudhoh, Raudhoh and Ramayanti, Rory (2019) SIKAP PUSTAKAWAN DALAM MENGHADAPI BERBAGAI KARAKTER PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (SIKAP PUSTAKAWAN DALAM MENGHADAPI BERBAGAI KARAKTER PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI JAMBI)
SKRIPSI VENO WINARTO IPT 140359 - peno winarto.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “sikap pustakawan dalam menghadapi berbagai karakter pemustaka di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Jambi”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Sikap pustakawan dalam memahami karakter pemustaka, megetahui peran pustakawan dalam usaha meningkatkan pelayanan, dan mengetahui upaya pustakawan dalam memenuhi kebutuhan pemustaka di Dinas perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), yang mana penulis mengadakan penelitian langsung ke lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskripftif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah berupa Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah Pustakawan dan pemustaka yang ada di di dinas perpustakaan dan arsip daerah provinsi jambi. Hasil Penelitian Menunjukkan Pelayanan yang di diterapkan di perpustakaan dan arsip daerah provinsi jambi kepada pemustaka dengan berbagai macam karakter sudah sangat baik dan sudah sesuai dengan pearaturan yang beralaku di perpustakaan dan arsip daerah provinsi jambi. Karakter pemustaka yang paling sering di jumpai pustakawan pada perpustakaan adalah pemustaka yang Sombong, banyak permintaan, dan banyak bicara. Peran pustakawan Dalam memenuhi kebutuhan pemustaka di perpustakaan dan arsip daerah provinsi jambi seperti memenuhi kebutuhan pemustaka, baik kelengkapan koleksi maupun kenyamanan pemustaka saat berada di perpustakaan, menyediakan kebutuhan informasi bagi pemustaka. Sedangkan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang dilakukan pihak perpustakaan dan arsip daerah provinsi jambi adalah selalu berkoordinasi dengan pihak pimpinan untuk terus memperhatikan dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan seperti menambah koleksi, memperbaiki sarana dan prasarana, dan fasilitas kenyamanan dan keamanan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Karakter Pemustaka, Pelayanan, Pustakawan.
Subjects: 000 Karya Umum
000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 20 Apr 2020 12:07
Last Modified: 20 Apr 2020 12:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2291

Actions (login required)

View Item View Item