HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 8 MUARO JAMBI

BELA AFRIDA SARI, TM151198 and Usmar, Ali and Wulanda, Mastarita (2019) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 8 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text ("HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 8 MUARO JAMBI ")
SKRIPSI LENGKAP BELA AFRIDASARI - Bella Afrida.pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMK Negeri 8 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik random sampling dengan jumlah populasi 122 dan sampel sebanyak 55 orang siswa. Instrumen penelitian berbentuk data berupa pedoman checklist observasi, angket untuk siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji linieritas regresi sederhana, uji hipotesis yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Hasil dalam penelitian ini didapat angket yang digunakan untuk mengumpulkan data divalidasi dengan rumus korelasi product Moment di dapat 22 item yang valid pernyataan yang diuji cobakan. Uji reliabilitas angket juga dilakukan terhadap 22 item pernyataan profesionalisme guru tersebut dengan metode Alpha sehingga diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 1,043. data kompetensi pedagogik guru diperoleh skor tertinggi 89 dan skor terendah 53 dengan rata-rata 73,83, median 78,12 , modus 80,83 ,dan skor standar deviasi 9,39 dan data hasil belajar siswa diperoleh skor tertinggi 92 dan skor terendah 58 dengan rata-rata 77,36 , median 79,75, modus 79,83 ,dan skor standar deviasi 8,98. Hasil statistik diperoleh korelasi product moment antara profesionalisme guru dan hasil belajar diperoleh 0,26 < 0,98 > 0,34 berarti Ha diterima dan Ho ditolak artinya bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa, dengan kata lain antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar terdapat korelasi yang sangat kuat ini artinya kompetensi pedagogik guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 81 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2020 02:49
Last Modified: 26 Apr 2020 02:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item