PERAN PERPUSTAKAAN UMUM DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT KELURAHAN SRIDADI KECAMATAN MUARA BULIAN KABUPATEN BATANG HARI

Majnun, Laila and Katutu, Buchari and Masyrisal, Miliani (2018) PERAN PERPUSTAKAAN UMUM DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT KELURAHAN SRIDADI KECAMATAN MUARA BULIAN KABUPATEN BATANG HARI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
IPT111124 Laila Majnun Ilmu Perpusakaan Dan Informasi - Laila Laila.pdf

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Perpustakaan Umum Keluaraan Sridadi Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Keluaraan Sridadi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari” tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengkaji tentang bagaimana peran perpustakaan umum Keluarahan Sridadi, hambatan apa yang dihadapi oleh perpustakaan meningkatkan minat baca masyarakat, serta mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh perpustakan umum Keluaraan Sridadi untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan minat baca masyarakt. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan strategi tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, lokasi, peristiwa atau aktivitas, dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumen, dan studi kepustakaan. Untuk mengukur validitas data digunakan trianggulasi triangulasi sumber dan triangulasi metode serta review informan. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan skripsi diatas, setelah penulis mengkaji dan membahas tentang peran Perpustakaan Umum Kelurahan Sridadi dalam meningkatkan minat baca dimasyarakat Keluaraan Sridadi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari, maka dapat disumpalkan bahwa peran Perpustakaan Umum Kelurahan Sridadi dalam meningkatkan minat baca yaitu menyediakan: sebagai Tempat Penyimpanan Koleksi, Tempat Sumber Informasi untuk Masyarakat Lembaga Pendidikan Nonformal, sebagai Rekreasi Masyarakat, Perpustakaan sebagai lembaga untuk Meningkatkan minat baca Masyarakat ,Sebagai Fisilitor dan Motivator.. kendala yang dihadapi Perpustakaan Umum Kelurahan Sridadi dalam meningkatkan minat baca dimasyarakat adalah terbatasnya anggaran dana dan masih rendahnya minat baca masyarakat kota Jambi serta minimnya koleksi yang tersedia. Upaya yang dilakukan Perpustakaan Umum Kelurahan Sridadi dalam meningkatkan minat baca dimasyarakat adalah memberikan kenyamanan dan kepuasan masyarakat dalam mencari informasi yang dibutuhkan dapat dirasakan salah satunya dari terpenuhnya informasi yang dibutuhkan. Memberikan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dari usia dini yang ni bemaca sambil bermain sehingga dapat menumbuhkan minat baca. Melakukan promosi kepada masyarakat dan pemuda setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Buchari Katutu
Keywords / Katakunci: Peran Perpustakaan, Minat Baca
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Jun 2019 03:43
Last Modified: 11 Nov 2019 02:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item