IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI BUNGO NOMOR 5 TAHUN 2016 (STUDI TERHADAP PILKADES SERENTAK TAHUN 2016 DI KECAMATAN BATHIN II BABEKO KABUPATEN BUNGO)

Ariadi, Ipan and Kusnadi, Dedek and Juharmen, Juharmen (2018) IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI BUNGO NOMOR 5 TAHUN 2016 (STUDI TERHADAP PILKADES SERENTAK TAHUN 2016 DI KECAMATAN BATHIN II BABEKO KABUPATEN BUNGO). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
ipan skripsi bookmark - Ipan Apriadi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peraturan bupati bungo nomor 5 tahun 2016 (studi terhadap pilkades serentak tahun 2016 di kecamatan bathin ii babeko kabupaten bungo). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif dengan jenis pendekatan kelapangan (Field Research). Berdasarkan penelitian diperoleh hasil dan kesimpulan Proses ataupun tahapan dalam pemilihan Rio di Kecamatan Bathin II Babeko Kabupaten Bungo terdiri pertama, tahap persiapan yaitu pembentukan panitia, penyusunan DPS, Daftar Pemilih Tambahan, Penetapan DPT. Kedua tahap Pencalonan yaitu pengaturan mengenai pengumuman pendaftaran, persyaratan bakal calon, calon Rio dari Rio, calon Rio dari Perangkat Dusun, calon Rio dari BPD, calon Rio dari PNS, pendaftaran bakal calon Rio, serta penetapan calon Rio. Ketiga,tahap pemungutan suara, yaitu dimulai dari Kampanye, masa tenang, persiapan, jumlah surat suara, tempat pemungutan suara (PPS), pemungutan suara, dan surat suara sah. Keempat, tahap penetapan,yaitu penyampaian laporan hasil pemilihan Rio kepada BPD. BPD menyampaikan calon Rio terpilih berdasarkan suara terbanyak kepada Bupati melalui Camat. Bupati menerbitkan keputuan tentang pengesahan dan pengangkatan Rio. Dalam hal terjadi perselisihan hasil pemilihan Rio, calon Rio dapat mengajukan keberatan kepada BPD. Permasalahan-Permasalahan Yang Menjadi Kendala Dalam Pelaksanaan Pilkades Di Kecamatan Bathin II Babeko Kabupaten Bungo terdiri dari partisipasi masyarakat, ketegangan politik, money politik serta Sosialisasi Panitia mengenai Pemilihan Rio. Persepsi masyarakat di atas terhadap pemilihan Rio serentak di Kecamatan Bathin II Babeko Kabupaten Bungo dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pemilihan Rio pada saat itu sudah berjalan dengan baik hanya saja terdapat beberapa permasalahan-permasalahan yang menjadi kendala seperti Kurangnya sosialisasi dari panitia pemilihan Rio kepada masyarakat menyebabkan kurangnya kepedulian masyarakat terhadap pemilihan Rio. Selanjutnya dengan adanya money politik membentuk persepsi masyarakat bahwa buruknya cara dalam meraih kemenangan, lalu ketidak jujuran tadi mengakibatkan ketegangan dalam persaingan perebutan jabatan Rio di Kecamatan Bathin II Babeko Kabupaten Bungo pada tahun 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dedek Kusnadi, S.Sos, M.Si
Keywords / Katakunci: implementasi peraturan daerah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Jun 2019 03:31
Last Modified: 05 Nov 2019 02:50
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item