PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA

ALIMUDIN BAHARSYAH, SES141214 and Yanti, Illi and Baining, Mellya Embun (2019) PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha)
SES141214_Alimudin Baharsyah_Ekonomi Syari_ah - Alimudin Baharsyah.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mahasiswa untuk Berwirausaha Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin tingginya tingkat pengangguran intelektual. Hal ini disebabkan karena minimnya lapangan pekerjaan yang terdiri dari ratusan ribu atau bahkan jutaan pencari kerja tersebut, akhirnya yang lolos dan mendapatkan pekerjaan sesuai yang diharapkan, barangkali tidak lebih dari 20%. Sedangkan 80% diantaranya menganggur, menunggu panggilan dari lamaran berikutnya yang serba tidak jelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriftif dengan populasi mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, teknik pengambilan sampel diambil dengan teknik slovin, yang mana sampel diambil dengan pertimbangan tertentu sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan kuesioner online. Berdasarkan olah data penelitian yang didapatkan hasil untuk setiap variabel secara parsial dengan tingkat signifikan yang lebih kecil dari 5% dimana mata kuliah kewirausahaan (X1) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,005, lingkungan keluarga (X2) sebesar 0,000 < 0,005 maka telah memenuhi syarat untuk menjadi variabel pendukung terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah variabel lingkungan keluarga dengan tingkat koefesien (β) sebesar 0,359, kemudian di ikuti berturut-turut oleh mata kuliah kewirausahaan dan lingkungan keluarga masing-masing dengan tingkat koefesien sebesar 0,328 dan 0,359. Selanjutnya, dengan menggunakan uji F didapatkan hasil bahwa semua variabel independen secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan, dimana < 0,000. Dan terakhir hasil perhitungan koefesien determinasi menunjukkan bahwa keseluruhan variabel dependen yaitu mata kuliah kewirausahaan (X1) dan lingkungan keluarga (X2) dapat menjelaskan variabel minat mahasiswa berwirausaha (Y) sebesar 31,5%, sisanya 68,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Mata kuliah kewirausahaan, lingkungan keluarga dan minat mahasiswa berwirausaha
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Suharto M.Pd.I
Date Deposited: 25 Apr 2020 14:24
Last Modified: 25 Apr 2020 14:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item