PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI SARANA EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-ANSOR DESA EMBACANG GEDANG KABUPATEN TEBO

YUNI SETIAWATI, TP.140905 and Armida, Armida and Muhammad, Habib (2019) PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI SARANA EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-ANSOR DESA EMBACANG GEDANG KABUPATEN TEBO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI SARANA EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-ANSOR DESA EMBACANG GEDANG KABUPATEN TEBO)
YUNI SETIAWATI NIM TP. 140905_PAI - Yuni Sj.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui Pengelolaan Kelas Sebagai Sarana Edukatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa keleas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Ansor Desa Embacang Gedang Kabupaten Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah total sampling, kelas sampling (kelompok) secara keseluruhan diperoleh VIII dan di gunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan.Dalam penelitian ini peneliti melakukan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferability, dependability dan konfirmability. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh proses mengelola kelas saat proses pembelajaran pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Al-Ansor Desa Embacang Gedang Adalah sebelum proses pembelajaran guru harus merancang Tujuan pengajaran, mengatur ruangan kelas dengan baik, mengatur tempat duduk, mengatur sirkulasi udara ataupun pengaturan cahaya sehingga proses pembelajaran pun akan berjalan dengan efisien. Selain itu Upaya yang dilakukan guru Al-qur‟an Hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu ketika kegiatan pembelajaran dilakukan guru diselingi permainan yang dapat menarik perhatian siswa dan semangat siswa untuk belajar, selalu mengingatkan kepada siswa agar selalu mencintai Al-Qur‟an, serta mengajak siswa untuk selalu berlatih membaca Al-Qur‟an guna memperlancar bacaan siswa dalam membaca AlQur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengelolaan sarana edukatif, & Motivasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 20 Apr 2020 04:36
Last Modified: 20 Apr 2020 04:36
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item