PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MUTMAINNAH KOTA JAMBI

Aprita, Henny and Muhsinin, Umil and Putri, Febriyani (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MUTMAINNAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
HENNY APRITA_TPG141106 - Henny Aprita.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika siswa kelas III A Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Muthmainnah Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Problem Based Learning, tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru wali kelas III A Sekolah Dasar Islam Terpadu Al- Muthmainnah Kota Jambi yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata persentase peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika materi perkalian dan pembagian kelas III A dengan menggunakan model problem based learning pada pra siklus sebesar 2,2 (44%), siklus I sebesar 2,85 (57%) , siklus II sebesar 3,98 (79%). Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model problem based learning pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika siswa kelas III A SDIT Al- Muthmainnah Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Problem Based Learning, Pelajaran Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Jun 2019 03:05
Last Modified: 11 Nov 2019 03:06
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item