PERAN GURU AL QURAN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI

SLAMET SUBAGJA, TPG.151727 and Ahmad, Saidah and Fatmawati, Kiki (2019) PERAN GURU AL QURAN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PERAN GURU AL QURAN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI)
TPG151727_SLAMET SUBAGJA_PGMI - Slamet Subagja.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkatan siswa dalam membaca Alquran, mendeskripsikan faktor penghambat dalam Meningkatkan kemampuan membaca Alquran, mendeskripsikan strategi yang diberikan guru Alquran Hadis Meningkatkan kemampuan membaca Alquran, dan untuk mendeskripsikan peran guru Alquran Hadis Meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa kelas III. Penelitian ini dilakukan di MIN Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan Test, Observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Berdasarkan tes yang dilakukan oleh penelit maka dapat diketahui bahwa secara keseluruhan dari 35 siswa di kelas III.1 masih ada 3 siswa yang belum bisa membaca Alquran dan 30 siswa lainnya mempuanyai kemampuan membaca Alquran yang baik. 2) Faktor penghambat dalam Meningkatkan kemampuan membaca Alquran adalah masih banyak siswa yang kesulitan dalam membaca al-qur‟an beserta hukum bacaannya dan kurangnya perhatian orang tua di rumah untuk meningkatkan kemampuan anaknya. 3) strategi guru Alquran Hadis dalam Meningkatkan kemampuan membaca Alquran adalah mengulang kembali bacaan Alquran yang belum dimengerti oleh siswa dan memberikan siswa motivasi agar siswa menjadi semangat dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran disekolah maupun dirumah. 4) Peranan guru Al-qur‟an hadist di MIN Kota Jambi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an terhadap siswa ialah sudah melibatkan Guru al-qur‟an hadist secara langsung dan Guru Al-quran hadist tersebut harus kreatif, dan Inovatif dalam menerapkan strategi dan metode pembelajaran Al-Quran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembinaan, Alquran, dan siswa.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 20 Apr 2020 04:55
Last Modified: 20 Apr 2020 04:55
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item