PUTUSAN HAKIM DALAM MENGABULKAN TUNTUTAN CERAI SEORANG ISTRI KARENA SUAMI TERPIDANA KASUS PEMERKOSAAN (STUDI DI PENGADILAN AGAMA SENGETI KELAS I B MUARO JAMBI)

Yanti, Helda and Rahman, Fuad and Maryani, Maryani (2018) PUTUSAN HAKIM DALAM MENGABULKAN TUNTUTAN CERAI SEORANG ISTRI KARENA SUAMI TERPIDANA KASUS PEMERKOSAAN (STUDI DI PENGADILAN AGAMA SENGETI KELAS I B MUARO JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
HELDA YANTI, SHK141608 - Muhammad Aizuddin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perceraian merupakan solusi terakhir yang dapat ditempuh oleh suami- isteri dalam mengakhiri ikatan perkawinan setelah mengadakan upaya perdamaian secara maksimal. Maksud Cerai Gugat adalah permintaan istri kepada suaminya untuk menceraikan (melepaskan) dirinya dari ikatan perkawinan dengan disertai iwadh berupa uang atau barang kepada suami dari pihak istri sebagai imbalan penjatuhan talaqnya. Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap putusan hakim dalam mengabulkan tuntutan cerai seorang istri karena suami terpidana di Pengadilan Agama Sengeti. Skripsi ini merupakan jenis penelitian yuridis normatif di mana mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya di masyarakat dengan metode kualitatif di mana untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data melalui mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: (1) Propses permohonan perceraian terhadap gugatan cerai seorang istri karena suami terpidana kasus pemerkosaan diantaranya; Mengajukan dan Mendaftarkan Permohonan, di mana penggugat melengkapi semua persyaratan dan mengajukan ke bagian pendaftaran perkara, Mempelajari Perkara dan Menyiapkan Panitera Sidang, di mana dengan menelaah persayaratan yang telah diajukan dan Penetapan Mejelis Hakim dan Memberi Putusan, di mana pembentukan tim siding dan juga pemberian keputusan berdasarkan perkara yang ada.; (2) Dasar hakim dalam memutuskan perkara gugatan cerai seorang istri karena suami terpidana adalah dengan menelaah perkara tersebut dan sungguhsungguh mencoba mendamaikan dengan menasihati Penggugat agar tetap mempertahankan rumah tangganya dengan Tergugat di setiap persidangan, akan tetapi usaha tersebut tetap tidak berhasil sampai putusan dijatuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fuad Rahman
Keywords / Katakunci: putusan hakim, cerai seorang istri, suami terpidana
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antar Personal
300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran
Divisions: Fakultas Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Jun 2019 02:52
Last Modified: 11 Nov 2019 03:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item