PENERAPAN METODE BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI

Zul Amri, TF 131008 and Rizalman, Rizalman and Gusmira, Eva (2019) PENERAPAN METODE BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text ("PENERAPAN METODE BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI")
ZUL AMRI TF 131008 TARBIYAH DAN KEGURUAN-1 - lilis diana fitri.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Bervariasi untuk meningkatkan Aktitivitas di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kota Jambi sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 12 orang siswi perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus sampai mencapai indikator keberhasilan, hasil penelitian ini menemukan bahwa penggunaan metode Bervariasi pada mata pelajaran IPA terpadu bidang fisika dapat meningkatkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,92% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 95,83%, dapat meningkatkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,70% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi sebesar 88,15% dan dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu siswa di Madrasah Tsanawiyah Kota Jambi, sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,1 dengan persentase ketuntasan 25%, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 66,83 dengan persentase ketuntasan 54,17%, kemudian meningkat lagi pada siklus II rata-ratanya menjadi 78,5 dengan persentase ketuntasan 62,5%. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan metode Bervarisi dalam pembelajaran IPA khususnya Fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode variasi,siswa aktif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 19 Apr 2020 16:46
Last Modified: 19 Apr 2020 16:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item View Item