IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KECAMATAN JELUTUNG KOTA JAMBI

Hasbullah, and Sholahuddin, and Siregar, Nasyariah (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM KECAMATAN JELUTUNG KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
HASBULLAH NIM TPG141104 - hasbul lah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kecamatan Jelutung Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semua dengan desain Nonequivalent Control Group Design.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV AMadrasah Ibtidaiyah Darussalam dengan jumlah 2 6siswa yang kemudaian dibagi menjadi 2. Kelase ksperimen diberiperlakuan berupa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA. Kelas control diberikan pembelajaran dengan metode ceramah, diskusi, dan mengerjakan soal- soal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengambil data keaktifansiswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan nilai rata-rata yang diperoleh dari hasilo bservasi keaktifan siswaakhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasilo bservasi keaktifan siswa dari pertemuan pertama sampai terakhir pada kelas eksperimen selalu lebih besar dari pada kelas kontrol. Pada pertemuan terakhir, rata-rata skor yang diperoleh kelas eksperimen adalah 75,69 dan rata-rata skor kelas control adalah 43,92. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA mempunyai pengaruh terhadap keaktifan siswa kelas IV A Madrasah Ibtidaiyah Darussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sholahuddin, M.Pd.I
Keywords / Katakunci: Pendekatan Saintifik, Keaktifan Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Jun 2019 02:41
Last Modified: 11 Nov 2019 03:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item