PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TUNGKAL ULU

ROSLIANA, TM 151282 and Jamaluddin, Jamaluddin and Asiani, Rosi Widia (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TUNGKAL ULU. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TUNGKAL ULU)
TM151282 ROSLIANA.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tungkal Ulu pada pokok bahasan Segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah benar penerapan model Inkuiri Terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Posstest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 10 siswa di kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 10 siswa di kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berbentuk tes essay dengan jumlah 5 soal. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji ttest dan uji korelasi phi. Dari uji ttest pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 2,1<3,48>2,88 dan dari hasil uji korelasi phi pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 0,444<0,7035>0,561. Artinya bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 19 Apr 2020 14:35
Last Modified: 19 Apr 2020 14:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item