PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI (SOMANTIC, AUDITORY, VISUALIZATION DAN INTELLECTUALLY ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI

DESI NURGITA SARI, . TB. 150940 and Hakim, Lukman and Safita, Reny (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI (SOMANTIC, AUDITORY, VISUALIZATION DAN INTELLECTUALLY ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI (SOMANTIC, AUDITORY, VISUALIZATION DAN INTELLECTUALLY ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI)
TB150940_DESI NURGITA SARI_TADRIS BIOLOGI - Siti maysa.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran tipe SAVI belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas VIII pada materi sistem ekskresi manusia di SMP N 22 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True-eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes pilihan ganda untuk ranah kognitif dan lembar angket untuk ranah kognitif dan afektif dan psikomotor. Dari pengumpulan data yang diperoleh hasil perhitungan didapat nilai rata rata kelas eksperimen aspek kognitif sebesar 73,59, aspek afektif sebesar 73,10, aspek psikomotor sebesar 67. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata aspek kognitif sebesar 66,16, aspek afektif sebesar 64,23, aspek psikomotor sebesar 60,16. Berdasarkan analisis data didapat bahwa, aspek kognitif to ≥ tt yaitu 2,35 > 2,00 , aspek afektif dengan nilai to ≥ tt yaitu 3,32 > 2,00, aspek psikomotor dengan nilai to ≥ tt yaitu 2,29 > 2,00. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran tipe SAVI terhadap hasil belajar biologi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan Model pembelajaran tipe SAVI dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran tipe savi,Biologi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2020 13:46
Last Modified: 19 Apr 2020 13:46
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item