PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK BERORIENTASI TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MUARA TEMBESI

Dewi Andayani Safutri, TB. 150944 and Surayya, Elly and Nuraida, Nining (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK BERORIENTASI TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MUARA TEMBESI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK BERORIENTASI TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MUARA TEMBESI)
TB.150944_DEWI ANDAYANI SAFUTRI_TADRIS BIOLOGI - win aramico.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Talking Stick Berorientasi Time Token Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Madrasah Aliyah Negeri Muara Tembesi. Keaktifan belajar siswa diambil dari lembar observasi keaktifan siswa, pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode observasidesain dalam penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen semu one group pretes postest. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dengan menggunakan bantuan observer yaitu Martinik S.Pd Dan Enza. Di dalam lembar pengamatan terdapat tujuh indicator yang diamati, strategi pembelajaran talking stick berorientasi time token dapat menjadikan siswa inisiatif dan partisifatif serta menjadikan siswa aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa juga lebih memahami proses pembelajaran khususnya pada materi sel sebagai unit terkecil kehidupan. Siswa lebih tertarik dengan kegiatan yang melibatkan siswa itu sendiri dibandingkan dengan mendengarkan penjelasan dari guru. Sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek berbicara, melatih siswa untuk mengungkapkan pendapatnya, menumbuhkan siswa untuk saling mendengarkan dan berbagi. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan memperoleh uji hipotesis di terima secara signifikan dengan perbandingan rata-rata sebesar , untuk pretest dan , .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: . Strategi Pembelajaran Talking Stick Berorientasi Time token, Biologi, Keaktifan Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum > 375.001 Perkembangan Kurikulum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2020 13:47
Last Modified: 19 Apr 2020 13:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item