PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NO.144/VIII PAGAR PUDING KECAMATAN TEBO ULU KABUPATEN TEBO

SYAM’UN ALROZI, TPG. 151736 and Jailani, Syahran and Nugroho, Aris Dwi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NO.144/VIII PAGAR PUDING KECAMATAN TEBO ULU KABUPATEN TEBO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

[img] Text (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NO.144/VIII PAGAR PUDING KECAMATAN TEBO ULU KABUPATEN TEBO)
SYAMÔÇÖUN ALROZI-TPG151736 - Dinni Computer.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan pembelajaran dengan model cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan pembelajaran dengan model cooperative learning, kendala yang dihadapi guru dalam penerapan pembelajaran dengan model cooverative learning, dan upaya mengatasi kendala dalam penerapan pembelajaran dengan model cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 144 Pagar Puding. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut: 1). Proses pembelajaran dengan model (cooperative learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 144 Pagar Puding adalah pada saat proses pembelajaran tematik, harus di persiapkan dahulu segala bahan ajar yang akan di ajarkan ke siswa seperti materi yang menarik dll .1) Kendala yang dihadapi guru pada pembelajaran dengan model cooperative learning.2) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 144 Pagar Puding adalah yang menjadi kendala dalam proses pembelajaran kendala media sarana dan Prasarana yang menunjang proses pembelajaran. 3). usaha guru dalam mengatasi kendala pada proses pembelajaran dengan model (Cooperative learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 144 Pagar Puding Jambi adalah Dengan masih minimnya media sarana dan prasarana, guru menggunakan media sarana dan prasarana yang tersedia saja dahalu, sambil menunggu pihak sekolah melengkapi apa saja yang kurang , dan pihak sekolah pun juga sedang berusaha memenuhi media sarana dan prasarana yang kurang tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Cooperative learning, Hasil Belajar,Temataik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mediandri S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2020 12:58
Last Modified: 19 Apr 2020 12:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/2108

Actions (login required)

View Item View Item