OPTIMALISASI PEMANFAATAN SISTEM TEMU BALIK INFORMASI (STBI) DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) PROVINSI JAMBI

Rozalia, Fani and Raudhoh, and Dastina, Wenny (2018) OPTIMALISASI PEMANFAATAN SISTEM TEMU BALIK INFORMASI (STBI) DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (DPAD) PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
FANIROZALIA_IPT140329_ILMUPERPUSTAKAAN_ADAB DAN HUMANIORA - Amalia Liya.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana optimalisasi pemanfaatan sistem temu balik informasi (STBI) pemustaka dan faktor penghambat dalam optimalisasi pemanfaatan sistem temu balik informasi (STBI) pemustaka serta program yang dilakukan untuk meningkatkan optimalisasi pemanfaatan sistem temu balik informasi (STBI) pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengetahui keabsaan data, digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi pemanfaatan sistem temu balik informasi pemustaka di DPAD Provinsi Jambi kurang dimanfaatkan dikarenakan pemustaka yang tidak mengetahui apa itu sistem temu balik informasi dan apa saja alat telusur dari sistem temu balik informasi tersebut, jadi pemustaka lebih dominan langsung mencari koleksi ke rak dari pada menggunakan STBI. Faktor penghambat dalam optimalisasi pemanfaatan sistem temu balik informasi pemustaka di DPAD Provinsi Jambi bagi pemustaka sebagian besar adalah tidak mengetahui adanya STBI dikarenakan tidak adanya sosialisasi pihak perpustakaan lalu pemustaka lebih memilih mencari informasi menggunakan internet jika tidak menemukan buku yang mereka cari. Program yang telah dilakukan DPAD Provinsi Jambi untuk meningkatkan optimalisasi pemanfaatan STBI yaitu dengan pengembangan pengolahan sistem otomasi dan koleksi bahan pustaka seperti meningkatkan kualitas STBI dengan menginput koleksi pada pangkalan data opac.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Raudhoh
Keywords / Katakunci: Sistem temu balik informasi (STBI), Perpustakaan Umum, OPAC
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Jun 2019 01:44
Last Modified: 11 Nov 2019 03:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item