UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU PERMATA HATI BANGKO

Eva Pratiwi Handayani, TP140815 (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU PERMATA HATI BANGKO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
eva skripsi new - eva pratiwi handayani.pdf

Download (615kB)

Abstract

Sasaran utama dalam pendidikan atau subjek pendidikan adalah peserta didik, yang dalam praktek kedudukannya sebagai subjek dan sekaligus sebagai objek, yang dilaksanakan di sekolah. Sekolah merupakan sumber pengalaman pendidikan, karena semua sekolah secara keseluruhan merupakan lingkungan pendidikan, apapun jenis dan jenjangnya.Pendidikan identik dengan kegiatan belajar mengajar dan segala aspek yang mempengaruhinya, untuk mencapai tujuan pembelajaran, maka proses pembelajaran tersebut dilakukan secara optimal, sehingga peserta didik dapat meraih prestasi belajar yang lebih baik. Salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam membentuk moral siswa adalah Pendidikan Agama Islam (PAI). Masa Remaja merupakan masa yang penuh gejolak, masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Masa ini adalah masa yang paling kritis, karena sangat berperan dalam membentuk kepribadiannya. Keinginan untuk mencari jati diri dan mendapat pengakuan dari keluarga dan lingkungan sangat kuat. (Basri, Hasan 1996) Dalam proses pencarian jati dirinya, remaja seringkali menunjukan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai, norma agama, dan masyarakat. Berdasarkan pengamatan awal (grand tour) yang dilakukan oleh peneliti di SMP Islam Terpadu Permata Hati Bangko, terdapat permasalahan kenakalan siswa. Diantara kenakalan siswa yang dapat dilihat oleh peneliti adalah terlambat masuk kelas, gaduh di dalam kelas, mengeluarkan perkataan kotor, dan berkelahi sesama siswa. Dari pemaparan di atas, peneliti tertarik untuk mengkaji dan meneliti tentang: “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Permata Hati Bangko”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Jun 2019 01:37
Last Modified: 28 Apr 2020 01:38
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item View Item