IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS IV MI SALAMAH KOTA JAMBI

Elsera, Erika and Samsu, and Fatmawati, Kiki (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS IV MI SALAMAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
ERIKA ELSERA-TPG141095 - Erika Elsera.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting yang mempengaruhi sikap dan tindakan manusia dalam kehidupan sehingga tidak heran jika kualitas suatu bangsa identik dengan pendidikannya. Saat ini masih banyak masalah yang terjadi di dunia pendidikan, salah satunya masih rendahnya mutu pendidikan indonesia. Pendidikan dapat membentuk masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang lebih baik. Salah satu cara meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki kurikulum dari tahun ke tahun yang masih perlu perbaikan. Salah satu 'perbaikan' kurikulum adalah kurikulum 2013. Namun sayangnya walaupun ini adalah salah satu kurikulum terbaik yang pernah dibuat oleh pemerintah pusat, namun implementasinya di daerah atau di sekolah sekolah tidak sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan observasi masih terdapat banyak sekali kekurangan dalam melaksanakan penilaian pada kurikulum 2013.Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka penelitian ini di fokuskan pada Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Tema Indahnya Kebersamaan dengan Sub Tema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Siswa Kelas IV A MI Salamah Kota Jambi. Kendala yang dihadapi dalam implementasi penilaian autentik yaitu dalam hal penyesuaian antara jenis penilaian dengan karakteristik peserta didik, cara mengatasinya guru harus memahami pribadi peserta didik agar dapat mengenali karakteristik peserta didik, dan guru harus mengubah cara mengemas penyampaian tugas supaya peserta didik tidak merasa terbebani dengan tugas yang diberikan oleh guru, prosedur penilaian lebih rumit. Cara untuk mengatasi masalah diatas yaitu dengan cara mengadakan kerja kelompok guru (KKG) seminggu sekali untuk membuat kolom awal tahun. Guru juga harus mengikuti penataran mengenai kurikulum 2013 dan selalu aktif mencari informasi terbaru mengenai penilaian autentik dalam pembelajaran tematik terpadu dan prosedur penilaian lebih rumit. Faktor pendukung keberhasilan implementasi penilaian autentik kurikulum 2013 pada siswa kelas IV MI. Salamah Kota Jambi antara lain; Diselenggarakannya banyak pelatihan, memperoleh pendampingan dari Kepala Sekolah dan dinas terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Samsu
Keywords / Katakunci: penilaian otentik, kurikulum 2013, SD
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 11 Jun 2019 01:28
Last Modified: 11 Nov 2019 03:30
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item