SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MADRASAH NURUL ISLAM DI TANJUNG PASIR SEBERANG KOTA JAMBI

NAJLA YUNIAR, As150500 and Ritonga, Jago and Hadi, Syamsu (2019) SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MADRASAH NURUL ISLAM DI TANJUNG PASIR SEBERANG KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Jambi.

[img] Text (Sejarah Dan perkembangan Madrasah Nurul Islam di tanjung pasir seberang Kota jambi)
FULL SKRIPSI FINAL NAJLA - Najla Yuniar.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Skiripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan madrasah nurul islam di tanjung pasir seberang kota jambi, yang dikaji memlalui peran ulama perukunan tsamaratul insan yang merupakan ulama-ulama perjuangan dalam bidang pendidikan islam. penelitian inni merupakan kajian sejarah sosial dengan menggunakan metode sejarah. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data yang diambil berupa data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumenn. dalam penetapan sampel peneliti menggunakan metode sowball sampling. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah dan perkembangan madrasah nurul islam tidak lepas dari peran ulama yang berjuang melawan belanda dalam bidang pendidikan. yaitu dengan didirikannya 4 madrasah, salah satunya madrasah nurul islam. berdirinya madrasah ini selain sebagai usaha ulama untuk melawan belanda, tapi juga sebagai perkembangan pendidikan islam maupun perkembangan islam itu sendiri. namun dalam perkembangannya, madrasah nurul islam tidak eksis lagi, untuk itu penelitian ini diilakukann untuk mengkaji kembali bagaimana sejarah berdirinya madrasah nurul islamm melalui paranulama kata kunc: ulama, sejarah, perkembangan, kolonial,madrasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Sejarah, ulama, kolonial
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Suharto M.Pd.I
Date Deposited: 24 Apr 2020 17:13
Last Modified: 24 Apr 2020 17:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item View Item