PERHATIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 KOTA JAMBI

FATRISIA LUSIANA, TP 140817 and Constantin, Constantin and Hasanah, Dewi (2018) PERHATIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text (PERHATIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 KOTA JAMBI)
Skripsi Fix - Abi Sabil.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Perhatian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sedangkan untuk pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Di dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa Perhatian yang ditunjukkan guru PAI untuk mengatasi siswa yang sulit membaca al-Qur’an adalah dengan mengadakan kegiatan di dalam kelas yaitu tilawah al-Qur’an 10-15 menit sebelum pelajaran dimulai, siswa dipersilahkan membaca al-Qur’an 10-15 ayat setiap orang dengan surah yang sama dan guru hanya mendengar siswa mengaji tanpa ada pengoreksian secara individu. Sebelum tilawah, para siswa dipersilahkan meminjam al-Qur’an yang ada di Musholla. Kemudian perhatian lain yang ditunjukkan oleh guru PAI terhadap siswa yang sulit membaca al-Qur’an adalah dengan cara menambah jam belajar al-Qur’an di luar jam belajar yaitu ekstrakulikuler agama yang pembelajaran di dalamnya difokuskan pada pembelajaran membaca al-Qur’an dan hafalan juz 30. Selanjutnya, setelah diadakan kegiatan jam tambahan khusus al- Qur’an tersebut, ada juga sumbangsi saran yang sekiranya dapat berguna untuk pengembangan kegiatan dalam mengatasi anak-anak yang kesulitan membaca al- Qur’an, yaitu dengan menambah metode-metode dalam pembelajaran yang mempermudah siswa memahami kaidah membaca al-Qur’an, mengajak dan merekomendasikan siswa-siswa yang sulit membaca al-Qur’an, mengadakan kegiatan MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa) dalam satu minggu sekali, dan mengadakan kegiatan OWOA (One Week One Ayat) di dalam kegiatan tambahan ini siswa yang belum bisa membaca al-Qur’an dan mengenal hukum tajwid diajarkan dengan jelas tentang cara membaca huruf al-Qur’an dengan benar, setiap minggu diajarkan 1 ayat sampai siswa benar-benar paham dengan bacaan al-Qur’an serta hukum-hukum bacaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Perhatian Guru Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Belajar Siswa Membaca Al-Qur’an
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aqlina Usman S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2020 14:48
Last Modified: 17 Apr 2020 14:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item