PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA TERPADU PADA SISWA KELAS VIII MTsS AL-JAUHAREN TANJUNG JOHOR JAMBI

Rizki Rahmawati, TB. 151027 and Musyaddad, Kholid and Gusfarenie, Dwi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA TERPADU PADA SISWA KELAS VIII MTsS AL-JAUHAREN TANJUNG JOHOR JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA TERPADU PADA SISWA KELAS VIII MTsS AL-JAUHAREN TANJUNG JOHOR JAMBI)
TB 151027_Rizki Rahmawati_TADRIS BIOLOGI - win aramico.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap aktivitas belajar IPA Terpadu pada Siswa Kelas VIII MTsS Al-Jauharen Tanjung Johor Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain true eksperimental- posttest only control design. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Dari pengumpulan data yang telah diperoleh, hasil perhitungan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen pada pertemuan I , dan pada pertemuan II dan nilai rata-rata kelas kontrol pada pertemuan I dan pertemuan II . Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai siswa kelas eksperimen sebesar dan pada kelas kontrol . Dari hasil analisis diperoleh to ttabel yaitu , maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berpengaruh terhadap aktivitas belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII MTsS Al-Jauharen Tanjung Johor Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC), IPA Terpadu, Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 17 Apr 2020 14:30
Last Modified: 17 Apr 2020 14:30
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item