PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 MUARO JAMBI

KARMILA, TB.150979 and Susanti, Try and Nofriadi, Nanang (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 MUARO JAMBI)
TB.150979_KARMILA_TADRIS BIOLOGI - mila karmila.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Neegri 6 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain true eksperimental - postest only control desain. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tes soal pilihan ganda. Penelitian menemukan bahwa penggunakan metode Mind Mapping berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Muaro Jambi. Dari hasil perhitungan diperoleh skor tertinggi dikelas eksperimen adalah 97 dan skor terendah 57 dengan rata-rata 81,32 dan standar deviasinya 12,05. Sedangkan kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 97 dan skor terendah 50 dengan rata-rata 70,64 dan standar deviasinya 14,52. Kemudian dari data tersebut dilakukan dengan uji “t” didapat thitung = 2,77 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 2,02 dan taraf signifikansi 1% ttabel = 2,69, dan setelah membandingkan antara thitung dan ttabel ternyata thitung > ttabel yaitu 2,02 < 2,77 > 2,69. Dengan demikian hipotesis alternative (H1) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode Mind Mapping dengan yang tidak menggunakan metode Mind Maping pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Muaro Jambi. Setelah dilakukan uji “t” kemudian dilakukan dengan uji Effect Size untuk melihat seberapa besar pengaruh metode Mind Mapping tersebut. Dari perhitungan didapat adalah 0,82 atau dengan presentase 79%. Dengan demikian metode Mind Mapping mempunyai pengaruh yang besar terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Muaro Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan metode Mind Mapping dalam pembelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Mind Mapping, IPA, Hasil Belajar
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 570 Ilmu Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nadia Rezky S.HI
Date Deposited: 17 Apr 2020 14:22
Last Modified: 17 Apr 2020 14:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item View Item