LAPORAN MAGANG: PERBANDINGAN EFEKTIVITAS DALAM SISTEM PEMBAYARAN SISTEM KLIRING NASIONAL BANK INDONESIA (SKNBI) DAN BANK INDONESIA REAL TIME GROSS SETTLEMENT (BI-RITGS) PADA KANTOR PERWAKILAN WILAYAH BANK INDONESIA JAMBI

Yasfi, Nurul and Mutia, Agustina (2018) LAPORAN MAGANG: PERBANDINGAN EFEKTIVITAS DALAM SISTEM PEMBAYARAN SISTEM KLIRING NASIONAL BANK INDONESIA (SKNBI) DAN BANK INDONESIA REAL TIME GROSS SETTLEMENT (BI-RITGS) PADA KANTOR PERWAKILAN WILAYAH BANK INDONESIA JAMBI. FEBI.

[img] Text
Nurul Yasfi (EPS 150544) BK - nurul yasfi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laporan magang ini berjudul “Perbandingan Efektivitas dalam Sistem Pembayaran Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) Pada Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jambi”. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui perbandingan mekanisme Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dengan Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) untuk melihat Efektivitas Kelancaran Sistem Pembayaran Pada Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jambi. Jenis data yang digunakan dalam penulisan laporan akhir ini adalah data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pihak Bank Indonesia Jambi yakni staff Unit Operasional Sistem Pembayaran (UOSP), dan data sekunder yang diperoleh dengan cara melakukan pendekatan atau dokumentasi terhadap arsip, dokumen, dan catatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Simpulan yang dapat ditarik dari laporan ini adalah (1) Pelaksanaan kedua sistem pembayaran ini telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan – ketentuan atau peraturan Bank Indonesia yang telah ditetapkan; (2) Sistem Pembayaran melalui mekanisme BI-RTGS lebih efektiv digunakan untuk kelancaran sistem pembayaran pada Bank Indonesia Jambi daripada melalui mekanisme SKNBI jika dilihat dari segi mekanisme pelaksanaannya dan dari segi waktu yang dibutuhkan dalam proses penyelesaiannya karna proses settlement yang lebih cepat, akan tetapi dari segi biaya sistem pembayaran melalui mekanisme SKNBI lebih efektiv daripada melalui mekanisme BI-RTGS karna biaya yang relatif murah, sehingga sistem pembayaran melalui mekanisme ini lebih banyak diminati masyarakat, dan; (3) Pada sisi integrasi lebih efektiv Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia meskipun dilakukan pada waktu tertentu baik oleh Bank Indonesia sendiri, perbankan ataupun melalui seminar yang diadakan oleh perguruan tinggi di Jambi. Sedangkan untuk BI-RTGS belum efektiv dan belum maksimal dilakukannya sosialisasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga banyak diantara masyarakat yang belum mengetahui keunggulan dan kelemahan sistem pembayaran ini.

Item Type: Other
Additional Information: Agustina Mutia
Keywords / Katakunci: Perbandingan, Efektivitas, Sistem Pembayaran, SKNBI dan BIRTGS
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 31 May 2019 05:41
Last Modified: 05 Nov 2019 02:46
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item