MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BATANG HARI

Triana, Ena and Rusli, Fakhrurrozi (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BATANG HARI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
ENA TRIANA_TF140560_Pendidikan Fisika - Rafi Rafzanjani.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar fisika di Madrasah Aliyah Negeri 1 Batang Hari. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi experiment-posttest-only control design, sedangkan teknik pengambilan sampelnya yaitu dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel penelitian di bagi menjadi dua kelas yaitu X IPA 1 sebagai kelas Eksperimen X IPA 2 sebagai kelas Kontrol. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa teknik test. Soal test tersebut digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil pengelolahan data diperoleh data-data hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match sebesar 75,94% dan yang tidak menggunakan model pembelajaran Make A Match sebesar74,41%. standar deviasi yang menggunakan mode pembelajaran Make A Match sebesar 13,663%, dan yang tidak menggunakan model pembelajaran Make A Match sebesar 9,13%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika yang menggunakan metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan model pembelajaran Make A Match, adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu ttabel = 2,021 > thitung = 0,8 < ttabel = 2,704. Karena hasil uji hipotesis penilaian diperoleh ttabel = 5% , thitung > ttabel = 1%, sehingga H0 ditolak Ha diterima. Artinya terdapat perbandingan yang signifikan antara hasil belajar fisika yang menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan tidak menggunakan model pembelajaran Make A Match.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fakhrurrozi Rusli
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran Make A Match, Hasil belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 31 May 2019 05:30
Last Modified: 05 Nov 2019 03:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item