ANALISIS PELAKSANAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA PENILAIAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMAN 4 PENGABUAN KECAMATAN SENYERANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Emilia Darti, TB.140442 and Risnita, Risnita and Badariah, Badariah (2018) ANALISIS PELAKSANAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA PENILAIAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMAN 4 PENGABUAN KECAMATAN SENYERANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
EMILIA DARTI TB.140442 BOOKMARK - Irma Suryani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih tergolong rendah. Penyebab lemahnya kualitas pendidikan di Indonesia diantaranya adalah kualitas guru, yang lain adalah kurikulum. Kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan, dimulai dari kurikulum 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006 dan 2013.Peralihan kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013 diikuti dengan berbagai perubahan-perubahan seperti sistem pembelajaran dan sistem penilaian, karena adanya perubahan-perubahan diperlukan pemahaman terhadap kurikulum tersebut oleh guru dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahaminya. Terjadinya perubahan kurikulum membuat beberapa sekolah masih kurang siap dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 termasuk SMA Negeri 4 Pengabuan Kecamatan Senyerang Kabupaten Tanjung Jabung Barat, hal ini disebabkan kurangnya pemahaman guru tentang kurikulum 2013 yang sudah diterapkan. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti ingin melakukan penelitian yang dapat memberikan informasi tentang analisis pelaksanaan hasil belajar biologi siswa pada penilaian berdasarkan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai “analisis pelaksanaan hasil belajar biologi siswa pada penilaian berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Pengabuan kecamatan senyerang kabupaten tanjung jabung barat” maka dapat di simpulkan 1. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 4 Pengabuan telah memenuhi kurikulum 2013 karena sudah melakukan penilaian sesuai dengan Standar Penilaian yang ada dalam kurikulum 2013, yaitu dengan prinsip penilaian adil 2. Berdasarkan Hasil Analisis Hasil Belajar Biologi Siswa bahwa guru di SMA Negeri 4 Pengabuan telah melaksanakan penilaian bersadarkan dengan kompetensi penilaian dalam kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Risnita
Keywords / Katakunci: Penerapan Kurikulum 2013; penerapan kurikulum 2013 oleh guru;
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 31 May 2019 05:28
Last Modified: 29 Apr 2020 13:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item